Desember 22, 2024

Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) melalui Direktorat KKSK Madrasah melaksanakan Sosialisasi POS dan Workshop Asesmen Madrasah Tahun Pelajaran 2022-2023 secara daring, adapun dalam pelaksanaannya setiap Kabupaten/Kota diberikan 2 line zoom untuk mengikut kegiatan tersebut.

Kementerian Agama Kab. Bandung Barat mengikuti kegiatan zoom tersebut dengan tempat di dua lokasi yaitu MAN Bandung Barat-Cililin dan MTs.S. Nurul Huda Lembang.

Bertempat di Laboratorium Komputer MTs. Nurul Huda Lembang, Para Kepala Madrasah, Wakamad Bidang Kurikulum dan Para Guru Mapel PAI dan Mapel Umum mengikuti Sosialisasi POS dan Workshop Asesmen Madrasah Tahun Pelajaran 2022-2023 secara daring yang diikuti oleh Pengawas Pembina, Para Kepala Madrasah MI, RA dan Ma se-Kecamatan Lembang, Parongpong dan Cisarua. Kegiatan diawali pada hari Senin, tanggal 20 Februari 2023 pada Pukul 08.00 WIB s.d. 12.00 WIB dengan agenda Pembukaan oleh Direktur KKSK Madrasah, Pengantar Asesmen Madrasah, SOP Asesmen Madrasah dan Pendataan pada Aplikasi PDUM.

Resume hari ke-2, Tanggal 21 Februari 2022

  1. Pengantar Sosialisasi dan Bintek AM 2023
  2. SOP AM (Standar Operasional Prosedur Asesmen Madrasah)
  3. Penyusunan Instrumen AM
  4. Menyusun Kisi-kisi Soal
  5. Menyusun Instrumen/soal tes tertulis
  6. Pilih Ganda (PG)
  7. Pilih Ganda Kompleks (PGK)
  8. Benar – Salah
  9. Menjodohkan
  10. Isian
  11. Uraian
  12. Prktik
  13. Portofolio
  14. Penugasan
  15. Menyusunan Instrumen Asesmen Madrasah Mapel PAI
  16. Menyusun Instrumen Asesmen Madrasah Mapel Bahasa Arab
  17. Menyusun Instrumen Asesmen Madrasah Mapel matematika
  18. Menyusun Instrumen Asesmen Madrasah Mapel rumpun IPA
  19. Menyusun Instrumen Asesmen Madrasah Mapel IPS
  20. Menyusun Instrumen Asesmen Madrasah Mapel rumpun Bahasa

Resume hari ke-3, 22 Februari 2023

  1. Bentuk Asesmen

Surat Keputusan Direktur Jendral pendidikan Islam Nomor 901 Tahun 2023:

Bentuk Asesmen berupa : tes tulis, praktik, portopolio, penugasan, dan atau bentuk lain ditetapkan madrasah.

  • Tahapan Penyusunan Intrumen AM
  • Menganalisis kompetensi dasar
  • Materi Esensial
  • Menyusun kisi-kisi
  • menyusun Insrumen
  • Tahapan Penulisan Soal AM
  • Menentukan Materi esensi
  • Menganalisis Kompetensi Dasar (KD)
  • Menyusun kisi-kisi soal AM
  • Memilih stimulus yang menarik dan kontekstual
  • Menulis butir soal sesuai dengan stimulus
  • Membuat kunci jawaban dan pedoman penskoan

SOAL =Stimulus,Konten,Konteks, Level Kognitif, Bentuk soal.

Kaidah penulisan soal Pilihan Ganda (Kompleks)

  1. Soal harus sesuai indikator
  2. Pilihan harus homogen dan logis
  3. Setiap soal harus mempunyai satu jawaban yang benar dan opsi jawaban lain, berfungsi sebagai pengecoh
  4. Pokok soal harus dirumuskan secara jelas dan tegas
  5. Rumusan pokok soal dan pilihan jawaban harus merupakan pernyataan yang diperlukan saja
  6. Pokok soal jangan memberi petunjuk ke arah jawaban yang benar
  7. Pokok soal jangan mengandung pernyataan yang bersifat negatif ganda
  8. panjang rumusan pilihan jawaban harus relatif setara
  9. Pilihan jawaban mengandung pernyataan,”semua jawaban diatas salah atau semua pilihan jawaban diatas benar”.
  10. Pilahan jawaban yang berbentuk angka atau waktu harus tersusun berdasarkan urutan besar kecil angka /kronologis
  11. Gambar,grafik,tabel, diagram,dll soal harus jelas dan berfungsi
  12. Butir soal jangan bergantung pada jawaban sebelunnya
  13. Setiap soal harus menggunakan bahasa, kaidah bahasa Indonesia
  14. Setiap soal harus menggunakan bahasa komunikatif

Kaidah penulisan soal Benar-Salah

  1. Soal harus sesuai dengan Indikator
  2. Pilihan jawaban berupa Pertanyaan
  3. Hal yang ditanyakan harus Homogen dari segi isi dan teknis penyajian
  4. pokok soal harus dirumuskan secara jelas dan tegas
  5. Tidak menggunakan pertanyaan negatif dan peryataan ganda
  6. Hanya menerapkansatu konsep pada setiap pernyataan

Matching Items (Menjodohkan)

  1. Terdiri atas 2 daftar paralel kata /frasa yang cocok
  2. Entri dalam daftar yang mencari kecocokan disebut sebagai premis
  3. Entri dalam dafatr yang cocok disebut sebagai respons

Resume hari ke-4, 23 Februari 2023

PENYUSUNAN INTRUMEN ASESMEN MADRSAH (AM) RUMPUN IPS

  1. Kita adalah hasil dari pembiasaan, tradisi, pengalaman, termasuk pendidikan dimasa lalu
  2. Lingkingan berubah sangat cepat dengan berbagai tatantangan berat
  3. Penyempurnaan asesmen/pembelajaran berkontribusi pada masa depan

Hubungan antara Literasi, HOTS dan ketercapaian kompetensi di semua pelajaran

  1. LITERASI : membiasakan proses berpikir terkait fenomena dan saling ketergantungan yang terjadi di lingkungan
  2. HOTS : membiasakan berpendapat atau menganalisis/membuat simpulan menggunakan data untuk menjawab fenomena yang terjadi

Siswa sudah terbiasa berfikir menggunakan data dan menjiwai proses-proses yang terjadi dialam dan kehidupan sehari-hari, bukan hanya asesmen/pembelajaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • akun pro thailand
  • scatter hitam